Mengenal Cardless: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Tarik Tunai Cardless

Teknologi semakin memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satu inovasi dalam dunia perbankan adalah hadirnya fasilitas Cardless. Mungkin sebagian dari Anda masih belum familiar dengan istilah tersebut.

Artikel ini akan membantu Anda untuk lebih mengenal Cardless, apa saja kelebihannya, dan bagaimana cara melakukan tarik tunai dengan menggunakan metode ini.

Apa Itu Cardless?

Cardless adalah sebuah layanan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan tanpa menggunakan kartu ATM. Dengan layanan ini, nasabah hanya perlu menggunakan aplikasi mobile banking dari bank tersebut untuk melakukan transaksi.

Cardless memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja tanpa harus membawa kartu ATM. Layanan ini sangat membantu, terutama ketika nasabah lupa membawa kartu ATM atau kartu ATM hilang.

Kelebihan Cardless

Ada beberapa kelebihan dari Cardless yang bisa Anda nikmati. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Praktis dan Mudah: Anda tidak perlu repot membawa kartu ATM kemanapun Anda pergi. Anda hanya perlu membawa ponsel Anda dan memastikan aplikasi mobile banking Anda aktif.
  2. Aman: Transaksi dengan Cardless lebih aman karena Anda tidak perlu khawatir kartu ATM Anda hilang atau dicuri. Selain itu, transaksi juga dilindungi dengan berbagai metode keamanan seperti OTP, PIN, atau sidik jari.
  3. 24 Jam Non-Stop: Anda dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja tanpa harus mencari mesin ATM terdekat.
  4. Berbagai Transaksi: Tidak hanya tarik tunai, Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi lainnya seperti transfer, pembayaran, hingga pembelian pulsa.

Cara Tarik Tunai Cardless

Berikut ini adalah cara umum untuk melakukan tarik tunai dengan Cardless. Namun, perlu diingat bahwa cara ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada kebijakan dan aplikasi mobile banking masing-masing bank.

  1. Buka Aplikasi Mobile Banking: Buka aplikasi mobile banking dari bank Anda. Pastikan Anda sudah login dan aplikasi berjalan dengan baik.
  2. Pilih Menu Cardless: Biasanya, akan ada menu khusus untuk Cardless. Pilih menu tersebut.
  3. Masukkan Jumlah Uang: Masukkan jumlah uang yang ingin Anda tarik. Pastikan saldo Anda mencukupi.
  4. Konfirmasi Transaksi: Akan ada konfirmasi transaksi. Pastikan detail transaksi sudah benar, kemudian konfirmasi.
  5. Dapatkan Kode Transaksi: Setelah konfirmasi, Anda akan mendapatkan kode transaksi. Kode ini nantinya digunakan untuk menarik uang di mesin ATM.
  6. Tarik Uang di ATM: Pergi ke mesin ATM terdekat. Pada mesin ATM, pilih opsi Cardless kemudian masukkan kode transaksi. Uang akan keluar dan Anda bisa mengambilnya.
Baca Juga  Mortalitas: Pengertian, Jenis, hingga Faktor yang Memengaruhinya

Kesimpulan

Cardless adalah inovasi dalam dunia perbankan yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus menggunakan kartu ATM. Selain praktis, Cardless juga aman dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian, nasabah tidak perlu khawatir jika lupa membawa kartu ATM atau kartu ATM hilang.

Semakin banyak bank yang menawarkan layanan Cardless ini. Jika bank Anda sudah menawarkan layanan ini, segera aktifkan dan rasakan kemudahannya. Jika belum, Anda bisa menanyakan kepada bank Anda kapan mereka akan menawarkan layanan ini.

 

Check Also

Pengertian Reksadana Indeks, Kelebihan, Dan Contohnya

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang sangat populer di Indonesia. Dengan berinvestasi di reksadana, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *